Mahasiswa KKNT IPB Gelar FESTAKARYA, Warna Baru Bagi Sektor Pariwisata

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 3 Agustus 2024 6 jam yang lalu
Mahasiswa KKNT IPB Gelar FESTAKARYA di Pantai Wuni Melodi, Desa Miritpetikusan, Kecamata Mirit, Kabupaten Kebumen [Foto: Ist]
Mahasiswa KKNT IPB Gelar FESTAKARYA di Pantai Wuni Melodi, Desa Miritpetikusan, Kecamata Mirit, Kabupaten Kebumen [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University yang bertugas di Desa Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen mengadakan program kerja FESTAKARYA (Festival Kreativitas Anak Berbasis Karyawisata) yang berkolaborasi langsung dengan pihak-pihak sekolah (SD), Raudhatul Athfal (RA) dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Miritpetikusan.

Program kerja FESTAKARYA merupakan salah satu program kerja unggulan yang dilaksanakan di Desa Miritpetikusan. FESTAKARYA adalah ajang perlombaan mewarnai dan menggambar yang ditujukan untuk anak-anak sekolah dasar (SD) dan Raudhatul Athfal (RA). 

Acara ini menggunakan metode berbasis karyawisata, atau yang lebih dikenal dengan wisata belajar, untuk memberikan pengalaman belajar yang tidak dapat ditemukan di dalam ruang kelas. 

“Program kerja FESTAKARYA bertujuan sebagai wadah bagi anak-anak sekolah di Desa Miritpetikusan untuk menyalurkan daya kreatifitas dan imajinasi mereka dengan cara yang asyik dan menyenangkan, serta sekaligus sebagai media dalam memperkenalkan sektor pariwisata unggulan di Desa Miritpetikusan yaitu Wisata Pantai Wuni Melodi," kata Yomivin Varel Hendayana selaku penanggung jawab dari program kerja FESTAKARYA.

IPB UNIVERSITY

Festival perlombaan mewarnai dan menggambar, FESTAKARYA, telah dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2024 yang berlokasi di Pantai Wuni Melodi dengan mengangkat tema “Pesona Keindahan Wisata Alam Pantai Wuni Melodi”. 

Peserta yang mengikuti perlombaan mewarnai dan menggambar dalam acara FESTAKARYA (Festival Kreativitas Anak Berbasis Karyawisata) kurang lebih 200 anak, yang terdiri dari siswa-siswi SD dan Raudhatul Athfal (RA).

Ketua Pokdarwis Desa Miritpetikusan, Pak Puji, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University. 

"Acara FESTAKARYA ini memberikan warna baru pada sektor pariwisata di Pantai Wuni Melodi. Selain itu, berkat acara ini, para wisatawan meningkat secara signifikan sehingga berdampak langsung pada pendapatan pedagang di Pantai Wuni Melodi," ujar Pak Puji dengan penuh antusias.

"Harapannya, dengan adanya acara FESTAKARYA di Pantai Wuni Melodi, dapat memberikan kebermanfaatan yang terus berlanjut bagi masyarakat Desa Miritpetikusan," ujar Yomivin Varel Hendayana. 

Kami dari Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University yang bertugas di Desa Miritpetikusan berharap acara ini, tidak hanya meningkatkan pendapatan para pedagang lokal, tetapi juga menjadi event menarik yang mengundang lebih banyak wisatawan. 

Selain itu, FESTAKARYA berfungsi sebagai eduwisata yang dapat memberikan pengalaman edukatif berbasis wisata, bagi anak-anak dan pengunjung.

Berita Terkait