Tekan Polusi, Pemprov DKI Komitmen Terus Adakan Uji Emisi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 24 Juli 2024 06:16 WIB
Ilustrasi [Foto: Ist]
Ilustrasi [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen terus melaksanakan uji emisi kendaraan, bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai upaya mengurangi polusi udara di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan telah melakukan uji emisi, sebanyak lebih dari 100 kali sejak tahun 2022 dan upaya ini, akan terus dilakukan ke depannya.

"Kami dari tahun 2022 sudah melakukan uji emisi di tahun 2022 sudah 24 kali, 2023 sudah 44 kali, dan 2024 sudah 44 kali. Insya Allah uji emisi ini akan terus kami lakukan dan kami juga bekerja sama dengan KLHK," kata Asep di Jakarta, Selasa (24/7/2024).

Asep menuturkan sudah melakukan berbagai upaya lain, demi mengurangi polusi udara termasuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di sekitar Jakarta, guna meningkatkan kualitas udara di masing-masing wilayah.

"Selain itu, juga memberikan pelatihan kepada pemerintah daerah sekitar Jakarta untuk kompetensinya dalam hal uji emisi dan itu sudah berjalan," ujarnya.

Selain itu, imbuh dia, Dinas LH DKI Jakarta juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan menyosialisasikan pada masyarakat, agar mulai beralih pada transportasi massal dan menggunakan sepeda saat beraktivitas.

Dinas LH belum lama ini, meluncurkan platform pemantauan kualitas udara yakni udara.jakarta.go.id, guna memberikan informasi tentang kualitas udara.

Masyarakat yang selama ini menggunakan laman pemantauan kualitas udara lain, bisa mulai beralih ke platform baru Pemprov DKI tersebut.

Asep mengapresiasi upaya Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, dalam penanaman jutaan pohon dan penambahan ruang terbuka hijau (RTH), dan diharapkan upaya ini diteruskan hingga masa mendatang.