Antisipasi Dampak Serangan Iran ke Israel, Airlangga: Kita Butuh Soliditas dari Seluruh Partai Politik

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 April 2024 13:06 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (Foto: Ist)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan bjika Presiden Joko Widodo (Jokowik) tengah menyiapkan langkah antisipasi terkait dampak serangan Iran ke Israel. 

"Karena ini menjadi penting dan Bapak Presiden akan mengadakan rapat internal mengenai ini. Tentu kita akan mempersiapkan langkah-langkah Indonesia," katanya di Jakarta, Senin (15/4/2024) malam.

Dia menjelaskan kondisi geopolitik saat ini sedang tidak baik-baik saja, sehingga dibutuhkan soliditas politik di dalam negeri.

"Dengan tantangan yang tidak biasa dan tentunya membutuhkan soliditas dari seluruh partai politik menghadapi ketidakpastian dunia ini," harapnya.

Terkait situasi ekonomi, dia mengungkapkan jumlah kapal di Terusan Suez itu ada 17.000 kapal, di Selat Hormus ada 30.000 kapal.

"Sehingga kalau ini terjadi eskalasi, kita tidak membayangkan harga bahan bakar minyak (BBM), naiknya kargo yang berakibat pada kenaikan komoditas, termasuk komoditas pangan," ungkapnya.

Namun Airlangga tetap optimistis hal itu tidak berpengaruh kepada Indonesia, karena fundamental ekonomi kuat. Dia juga berharap politik dalam negeri Indonesia tetap solid di masa transisi pemerintahan.