Antisipasi Banjir Jakarta, SDA Bangun Lima Polder Baru dan Revitalisasi Dua Pompa "Stasioner"

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 24 April 2024 19:23 WIB
Proyek SDA DKI Jakarta bangun Embung dan Polder beberapa lokasi direvitalisasi guna mengantisipasi banjir di Jakarta (Foto: Istimewa)
Proyek SDA DKI Jakarta bangun Embung dan Polder beberapa lokasi direvitalisasi guna mengantisipasi banjir di Jakarta (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Daerah Jakarta menyiapkan beberapa upaya guna menanggulangi banjir di Jakarta saat musim hujan. 
Upaya untuk penanganan banjir itu disiapkan antara lain membangun polder atau pompa dan peningkatan kapasitas drainase kawasan.

"Ada lima polder atau pompa yang sedang dibangun dan dua pompa stasioner kini direvitalisasi," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas SDA DKI, Ika Agustin Ningrum, dalam keterangannya pada Rabu (24/4/2024).

Selain itu, SDA DKI Jakarta disebut juga akan membangun waduk atau embung di Ibu Kota dan membuat tanggul kali. Rencananya ada delapan waduk yang akan dibangun.

"Delapan waduk atau embung yang dibangun dengan rincian enam waduk merupakan pembangunan lanjutan dan dua waduk baru,” ujar Ika. 

Program penanganan banjir di Jakarta telah disusun melalui rencana aksi roadmap yang akan menjadi landasan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. 

|Monitor Juga: Kasus Proyek Waduk Marunda Tahap II, Plt Kadis SDA Ika Agustin Bungkam!|

Adapun polder atau pompa yang akan dibangun adalah, Polder gaya motor, Jakarta Utara, Polder Kali Sepatan (KBN), Polder IKPN, Polder/Pompa RW 13 (Greenville) 

Sementara itu, dalam rapat LKPJ 2023, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengeklaim normalisasi berhasil mengatasi banjir Jakarta.
Untuk itu, delapan lokasi waduk atau embung dibangun antara lain Waduk Marunda, Waduk Dukuh 2, Waduk Munjul.

|Monitor Juga: Kasus Waduk Marunda Tahap II Rp101 M, Pemprov DKI Diminta Laporkan Pihak yang Besekongkol|

Menyusul Waduk Cilangkap -Revitalisasi Embung Kaja -Penyelesaian Embung Pekayon -Embung SDN 01 Petukangan Selatan -Embung Jalan Pemuda Srengseng Sawah.

Sementara itu, revitalisasi pompa dilakukan di dua lokasi, antara lain kawasan Tanjung Duren Raya-Jl Letjen S Parman, Jakarta Barat, dan Pompa Stasioner Taman BMW, Jakarta Utara. (Sar)