Gunung Ruang Kembali Erupsi, Status Awas

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 30 April 2024 10:16 WIB
Erupsi eksplosif Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Foto: Repro/Ist)
Erupsi eksplosif Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Foto: Repro/Ist)

Jakarta, MI - Gunung Ruang di Sulawesi Utara kembali erupsi, pada Selasa (30/4/2024) pagi ini.
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM melaporkan, aktivitas vulkanis terbaru gunung tersebut terjadi pukul 08.35 WITA.

"Terjadi erupsi G. Ruang pada hari Selasa, 30 April 2024, pukul 08:35 WITA tinggi kolom abu teramati ± 5000 m di atas puncak," demikian dikutip dari akun X (Twitter) milik PVMBG.

PVMBG juga melaporkan, bahwa terkait aktivitas vulkanis terbaru, status Gunung Ruang kembali dinaikkan jadi level IV (Awas). Sebelumnya, status gunung tersebut sempat diturunkan ke level III (Waspada).

"Tingkat aktivitas G. Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dinaikan dari level III (Siaga) ke level IV (Awas)," demikian keterangan PVMBG di media sosialnya.

Atas aktivitas vulkanis tersebut, PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada, serta tidak memasuki wilayah radius 7 km dr pusat kawah aktif.

Kemudian, masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang, yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar kawasan rawan bencana (KRB) itu.

Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk kelaut/runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut," demikian imbauan PVMBG.

PVMBG pun mengimbau agar masyarakat, selalu mengikuti rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, serta arahan dari instansi terkait di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.