Progres Lapangan Upacara Capai 90 Persen, Basuki Hadimuljono Optimistis Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 6 Mei 2024 20:30 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono [Foto: ANTARA]
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono [Foto: ANTARA]

Jakarta, MI - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, progres pengerjaan lapangan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN), kini sudah mencapai 90 persen.

Dari progres pengerjaan yang terlaksana, pihaknya menargetkan lapangan yang akan digunakan sebagai lokasi Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang tersebut, akan rampung pada bulan Juni 2024.

"Lapangan ini kapasitasnya 8.000 orang, tapi nanti penyelenggara upacara adalah Sekretariat Negara dan Sekretariat Presiden, beliau yang harus mempertimbangkan kesiapan pelaksanaannya," kata Basuki di Kawasan Istana Presiden (KIP) di IKN, Kalimantan Timur, Senin (6/5/2024).

Dijelaskan Basuki, pada saat pelaksanaan upacara peringatan HUT RI nanti, para tamu undangan bisa memanfaatkan empat gedung Kementerian Koordinator, serta 12 tower aparatur sipil negara (ASN) yang segara rampung.

"Makanya pemindahan ASN diundur setelah upacara," ujarnya.

Menteri PUPR menyampaikan, salah satu alasan berkurangnya persentase kecepatan penyelesaian lapangan IKN itu, dikarenakan baru 70 persen pekerja yang Kembali, setelah masa Lebaran tahun 2024.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya telah menyediakan pesawat Hercules guna mengakomodasi pekerja IKN, yang hendak kembali membangun ibu kota baru Indonesia tersebut.

Rumput yang digunakan di lapangan IKN, kata dia berjenis zoysia matrella yang biasa digunakan ,sebagai rumput lapangan sepak bola.

"Standardnya bisa untuk main bola," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, memastikan bahwa pasokan air di Ibu Kota Nusantara (IKN) aman, sebelum Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mulai berkantor di ibu kota baru Indonesia itu.

Seperti diketahui, Jokowi menyatakan rencananya untuk berkantor di IKN setelah bandara dan jalan tol dapat beroperasi, yang diperkirakan mulai Juli 2024.