Pemkot Bekasi Bukber dengan Insan Pers, Gani Muhamad: Kami Tak Anti Kritik

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 28 Maret 2024 16:21 WIB
Pj Wali Kota Bekasi R Gani Muhamad foto bersama Insan Pers [Foto: Doc. Pemkot Bekasi]
Pj Wali Kota Bekasi R Gani Muhamad foto bersama Insan Pers [Foto: Doc. Pemkot Bekasi]

Kota Bekasi, MI - Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot Bekasi) buka bersama (Bukber) sekaligus silaturrahmi dengan Insan Pers di Pendopo Wali Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Rabu (27/3/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi R Gani Muhamad mengatakan, silaturrahmi dengan insan pers diharapkan, dapat meningkatkan sinergitas dalam membangun Kota Bekasi.

"Itulah tujuan kita pada kesempatan sore hari ini, kita bisa bertemu bersilaturahmi untuk bisa saling mengenal," kata R Gani Muhamad. 

Ratusan insan pers hadir dalam kesempatan tersebut, terdiri dari berbagai media sosial dan kelompok kerja wartawan Humas Kota Bekasi. 

Gani Muhamad menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih, atas kehadiran Insan pers mengisi acara silaturrahmi tersebut. Kata Gani, ini menjadi kali kedua Dirinya bersilaturahmi, dengan Wartawan selama menjabat Pj Wali Kota Bekasi. 

Gani Muhamad menyebut, dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik di Kota Bekasi, dibutuhkan peran media sebagai fungsi kontrol. Pemerintah Kota Bekasi, lanjut Gani, akan terus berupaya menjalankan roda pemerintahan dengan sebaik-baiknya dengan sikap kejujuran, keihklasan dan tidak anti kritik dari media. 

"Dengan adanya kekujuran, keihklasan mudah-mudahan tujuan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik bisa kita laksanakan secara baik. Di dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan publik perlu adanya kontrol dari insan pers," ujarnya.

"Kami tidak anti kritik, tidak anti terhadap pemberitaan sepanjang pemberitaan itu bisa mengedukasi masyarakat luas dan tidak menimbulkan fitnah. Masyarakat bisa disuguhkan dengan informasi-informasi  mendidik, melatih, mengetahui. Kami tidak akan intervensi kebebasan pers, bahkan fungsi kontrol dari media sangat diperlukan sebagai masukan," sambungnya. 

R Gani Muhamad juga mengapresasi peran media, dalam capaian pembangunan dan menjaga kondusifitas di Kota Bekasi, melalui pemberitaan. Kota Bekasi sebagai Kota toleran Kedua se-Indonesia tidak lepas dari peran media, dalam menyuguhkan pemberitaan. 

"Ini suatu pencapaian yang tidak mudah dan ini berkat peran bapak ibu sekalian. Tanpa peran pers, capaian kota toleran akan sulit diraih. Kedepan, kita akan terus kembangkan dan dorong hingga Kota Bekasi menjadi Nomor 1 kota Toleransi dengan komitmen bersama," tandasnya. 

Kegiatan Silaturahmi dan Buka Puasa Pemerintah Kota Bekasi dengan insan pers dilanjutkan dengan forum tanya jawab. Diantaranya, membahas mengenai agenda peningkatan kondusifitas di Kota Bekasi, persiapan arus mudik lebaran, isu rotasi dan mutasi di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi hingga persoalan penataan parkir.

Acara yang menyita waktu hampir 2 jam tersebut berjalan kondusif penuh hikmah hingga saling berjabat tangan satu dengan yang lainnya. 

Turut mendampingi R Gani Muhamad dalam kegiatan tersebut, antara lain Sekda Kota Bekasi Junaedi, Humas, serta para Kepala OPD Pemerintah Kota Bekasi. (MA)