Gerindra Akan Pertimbangkan Wacana Duet Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Juli 2024 15:23 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan partainya akan menyambut baik wacana duet Anies Baswedan dan Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024.

Wacana tersebut muncul usai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia itu menyambangi markas PKS belum lama ini. 

"Ya bagus sekali ya semangat persatuan yang ditunjukkan oleh Mas Kaesang dan kawan-kawan PKS," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Menurutnya, pertemuan antara putra bungsu Presiden Joko Widodo dan PKS menunjukkan semangat persatuan dan menggugurkan pandangan bahwa PKS selalu berseberangan dengan pemerintahan Jokowi.

"Ya di situ juga ada sahabat saya yang tadinya tegang, karena miss komunikasi, tetapi ternyata bisa ketemu," ujarnya. 

Habiburokhman menilai, bahwa pertemuan PKS dan Kaesang merupakan salah satu wujud wajah politik Indonesia setelah mengalami perbedaan sesaat lalu bersatu kembali. 

"Itulah potret politisi Indonesia yang memang kami ini bisa berkonflik sesaat, bisa berbeda pendapat, tetapi kemudian karena ada semangat yang sama untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Kita bertemu kembali, bisa saling akrab, itu yang paling penting dari pertemuan tersebut," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pertemuan tersebut juga sekaligus membantah anggapan pihak yang menyatakan PKS dan PSI tidak bisa bertemu. Termasuk, peluang kedua parpol mengusung duet Anies-Kaesang.

"Saya sangat mengapresiasi kedua belah pihak ya. Orang kan ngomong PKS dan PSI tidak akan ketemu, ternyata bisa ketemu. Nah terkait Pilgub apakah nanti akan mendorong Anies-Kaesang atau seperti apa," jelasnya.

Sedangkan hingga saat ini, Gerindra lanjut dia, masih menunggu mencari sosok yang tepat di Pilkada Jakarta 2024. Sementara untuk wacana duet Anies-Kaesang masih akan dipertimbangkan oleh partainya. 

"Nah terkait Pilgub apakah nanti akan mendorong Anies-Kaesang atau seperti apa, kami menunggu saja partai Gerindra. Kami juga dalam proses sedang mencari sosok yang tepat sebagai cagub dan cawagub DKI Jakarta," pungkasnya.