Heru Budi Tawarkan Solusi Hilangkan Prostitusi di RTH Tubagus Angke Gelar Jogging Track

Tim Redaksi
Tim Redaksi
Diperbarui 3 Mei 2024 17:30 WIB
Heru Budi Hartono (Foto: Dok MI/Ist)
Heru Budi Hartono (Foto: Dok MI/Ist)

Jakarta, MI - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menawarkan solusi guna menghilangkan prostitusi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tubagus Angke, Wijaya Kusuma, Jakarta Barat, dengan membuat jogging track atau lintasan joging  terbuka hijau (RTH) di Jalan Tubagus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. 

Usulan itu disampaikan Heru karena peruntukan area itu harusnya  untuk tumbuh tanaman dan resapan air. Namun RTH ini kurang terpelihara maka disinyalir kerap dijadikan sebagai tempat nyaman bagi orang-orang nakal melakukan prostitusi.

"Ya jogging track, lampu dari Bina Marga, CCTV, harus gitu. Trek joging bagus," kata Heru, di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2024) malam. 

Selain dibangun lintasan joging, Heru juga menginginkan Dinas Bina Marga DKI supaya segera menambah jumlah CCTV atau kamera pengawas dan lampu penerangan di RTH tersebut.

"Kalau ada anggaran Bina Marga DKI sekarang kan bisa," kata Heru. 

|Monitor Juga: Biarkan Reklame dan Videotron Tak Berizin, Kejati DKI Didesak Periksa Kasatpol PP DKI Arifin dan Asbang Sekdaprov|

Sebelumnya diberitakan, RTH Tubagus Angke diduga menjadi tempat protitusi yang beroperasi sejak pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB. Hal itu membuat sampah alat kontrasepsi betebaran di RTH tersebut saat pagi hari. 

"Tempat prostitusi itu sudah sejak lama ada sekitar tahun 1987 sampai sekarang. Mereka pakai tenda, bahkan terkesan terbuka di lokasi RTH," ujar Rasidin, yang mengaku suka nongkrong di RTH tersebut.

Rasidin mengatakan, tempat protitusi ini juga selalu kucing-kucingan apabila ada petugas sedang razia. "Penertiban ada, tapi ya tetap saja mereka cari akal untuk buka lagi," jelas dia.

Sementara Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, menanggapi kasus area RTH Tubagus Angke disalahgunakan menjadi tempat nyaman prostitusi terbuka, pihaknya kini menjaga ekstra ketat lokasi RTH. 

|Monitor Juga: Kasatpol PP DKI Bungkam soal Reklame-Videotron Tak Berizin, FITRA Soroti Konflik Kepentingan|

"Kami tempatkan anggota. Sudah jaga di situ. Kami tempatkan anggota secara rutin yang menjaga di situ setiap malam," ujar Arifin saat dikonfirmasi, Kamis. 

Arifin menuturkan, pihaknya juga melibatkan masyarakat, pengurus rukun warga (RW), dan aparat setempat untuk menjaga RTH tersebut. (Ssr)