Resmi! Ini Nama yang Diusung NasDem di Pilkada Jakarta

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 22 Juli 2024 18:17 WIB
Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim (kanan) bersama Anies Baswedan (tengah) di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).  [Foto: ANTARA]
Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim (kanan) bersama Anies Baswedan (tengah) di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024). [Foto: ANTARA]

Jakarta, MI - Partai NasDem resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan, sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024, pada Senin (22/7/2024).

"Tapi ternyata sore ini, kami telah membulatkan tekad menyepakati untuk Pilkada DKI," kata Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).

"Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," sambungnya.

Siang tadi, kata dia, pihaknya melakukan rapat bersama DPP Partai NasDem dengan DPW NasDem DKI Jakarta untuk membahas lebih detail terkait hasil Bappilu pada 11 Mei 2024 yang mengerucut pada tiga nama, yaitu Anies Baswedan, Ahmad Sahroni dan Wibi Andrino.

"Terus berputar dan setiap media tanya kami selalu mengatakan stok kami tiga nama itu," ujarnya.

Hermawi pun mengatakan bahwa sosok cagub DKI Jakarta, yang akan diusung oleh NasDem rencananya paling lambat diumumkan pada 31 Juli 2024, sesuai dengan edaran Bappilu.

Kendati demikian, pihaknya membulatkan tekad untuk mengumumkan sosok cagub yang akan maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024 hari ini.

Menurutnya, Anies diberikan kebebasan untuk menentukan calon wakil gubernur. NasDem hanya mengisyaratkan sosok pendamping Anies, tidak berasal dari partainya.

Kemudian, Anies harus mendeklarasikan dirinya bersama pasangannya untuk maju di Pilkada DKI Jakarta paling lambat 22 Agustus 2024.

"Tapi bisa lebih cepat kalau Pak Anies bisa menyelesaikan PR-nya dalam waktu tiga hari berarti tanggal 25," pungkas Hermawi.