PDIP Belum Kepikiran Jalin Kerja Sama dengan PSI di Pilkada Serentak 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 Juli 2024 21:40 WIB
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) bersama Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP Adian Napitupulu (kiri). (Foto: Antara)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) bersama Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP Adian Napitupulu (kiri). (Foto: Antara)

Bogor, MI - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa partainya belum memiliki rencana untuk bekerja sama dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Pilkada Serentak 2024.

"Menurut Pak Adian, belum ada," ujar Hasto di Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024). 

Partai berlambang banteng moncong putih itu pun mengaku untuk menjalin kerja sama politik harus menunggu usulan Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP Adian Napitupulu.

"Menunggu usulan Pak Adian," katanya sembari tertawa.

Selain itu, Hasto mengungkapkan bahwa partainya sudah membangun cukup banyak komunikasi dengan partai lainnya.

Dia menyebutkan, PDIP berkomunikasi dengan Golkar di Banten; Gerindra di Lampung; PKB di Jawa Tengah; PKB di Jawa Timur.

Kemudian, PAN di Bengkulu; PPP di NTB; Hanura di NTT; Golkar dan Gerindra di Jawa Barat.

"Ini menunjukkan bahwa PDI Perjuangan bisa menjadi titik temu dari berbagai kerja sama dengan partai-partai politik yang ada di republik ini," kata Hasto.

Sebagai informasi, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berencana segera berkunjung ke PDIP untuk melakukan komunikasi, khususnya untuk membahas persiapan menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada).

Meski begitu, putra bungsu Presiden Jokowi itu mengaku belum memastikan waktu kunjungan ke PDIP akan dilakukan. Kaesang memastikan komunikasi akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Insyaallah dalam waktu dekat, secepatnya saya akan berkomunikasi dengan Mbak Puan," ungkap Kaesang di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (11/7).