DPR Ingatkan Polri untuk Tak Terlibat Politik Praktis Jelang Pemilu

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 November 2023 14:02 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Gilang Dhielafararez (Foto: Ist)
Anggota Komisi III DPR RI, Gilang Dhielafararez (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Komisi III DPR RI Gilang Dhielafararez, menekankan pentingnya netralitas Polri dalam menyambut Pemilu 2024. Sebagai institusi negara, Polri yang bertugas mengamankan jalannya Pemilu diharapkan bisa bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi integritas.

"Masyarakat menaruh harapan besar terhadap Polri untuk memberi keamanan selama tahapan Pemilu berlangsung. Keamanan ini dapat tercipta bila Polri berdedikasi untuk menghadirkan Pemilu yang damai, termasuk memastikan agar seluruh personelnya bebas dari politik praktis," kata Gilang kepada wartawan, Kamis (2/11).

Pejabat Polri, kata Gilang, harus bisa menjadi contoh teladan kepada para bawahannya dan bisa memberi pengarahan serta pengawasan. 

"Penting bagi petinggi Polri untuk selalu menjaga kredibilitasnya. Karena komandan atau pejabat Polri adalah panutan untuk jajaran yang mereka pimpin," ujarnya.

Untuk itu, pimpinan satuan maupun organ Polri diingatkan untuk memberi arahan yang jelas kepada jajarannya. Termasuk agar semua anggota Polri dapat bersikap tegas dan profesional saat dihadapkan dalam situasi dilematis yang bersinggungan dengan ranah politik praktis. 

“Komandan maupun pimpinan Polri memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan anggotanya agar tidak terlibat dalam tindakan politik yang dapat mengganggu proses demokrasi," tegas Gilang. (DI)