Pj Wali Kota Bekasi Launching Administrasi Kependudukan On The Spot Cukup di Kelurahan

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 8 Mei 2024 09:03 WIB
Launching pelayanan Administrasi Kependudukan On The Spot berbasis Kelurahan (Patriot Beken) di Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi, Selasa (7/5/2024) (Foto: Istimewa)
Launching pelayanan Administrasi Kependudukan On The Spot berbasis Kelurahan (Patriot Beken) di Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi, Selasa (7/5/2024) (Foto: Istimewa)

Kota Bekasi, MI - Pj Walikota Bekasi, R. Gani Muhamad melaunching pelayanan Administrasi Kependudukan On The Spot berbasis Kelurahan (Patriot Beken) di Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi, Selasa (7/5/2024).

Pelayanan administrasi kependudukan warga Kota Bekasi dapat dilakukan di Kelurahan. Terobosan ini terselenggara dengan harapan dapat mempermudah masyarakat dalam perekaman E-KTP. 

Sebelumnya, perekaman e-KTP harus di Kecamatan, tetapi dengan adanya terobosan Administrasi Kependudukan On The Spot, masyarakat cukup mengunjungi Kelurahan, dan fisik KTP langsung diterima.

Menurut Humas Kota Bekasi, Jenis layanan dalam Patriot Beken yakni Perekaman dan Cetak KTP-el baru, Aktivasi -Identitas kependudukan Digital, Update KK yang tidak merubah elemen data KTP-el, Akte Kelahiran dibawah 60 hari dan akte Kematian dibawah 30 hari.

Pelayanan yang terus digalakan oleh Pemerintah Kota Bekasi, khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil Kota Bekasi diharapkan mampu memberikan pelayanan prima, cepat dalam hal administrasi kependudukan.

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad mengatakan, Proses perekaman KTP yang sudah ada di Kelurahan ini merupakan bentuk pelayanan yang cepat dan ekstra kilat sehingga masyarakat lebih mudah menjangkau urusan administrasi kependudukan. 

“Sekarang buat warga masyarakat Kota Bekasi sudah tidak perlu jauh ke kecamatan ataupun Disdukcapil, cukup di Kelurahan untuk perekaman KTP, " kata Gani.

Gani menyebut, pelayanan publik ini memang dituntut cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin, sehingga dalam proses urusan administrasi Kependudukan ini dapat cepat teratasi. 

“Dengan inovasi-inovasi yang diluncurkan ini, yakni: "Patriot Beken" adalah wujud komitmen Pemerintah Kota Bekasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan pasilitas yang tersedia, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi datang Ke Kecamatan/Dinas Kependudukan dan Catatan Spil, cukup datang ke Kelurahan, Insyaallah mengenai administrasi sudah dapat terlayani, ” tegas Gani. (Hms/ADV)